Kamis, 04 April 2019

3 Kali ke Psikolog, Apa yang Saya Dapatkan?



Oleh Duddy Fachrudin

Good Will Hunting, film yang meraih 9 nominasi di edisi yang ke-70 Academy Awards menjadi salah satu referensi terbaik mengenai proses konseling dan terapi psikologi.

Terbukti, Robin Williams (Dr. Maguire) yang berperan sebagai psikolog memainkan akting yang ciamik layaknya seorang profesional dengan jam terbang yang tinggi. Penghargaan Best Supporting Actor digondolnya.

Selama 7 sesi ia berhasil membuat Matt Damon (Will) menyadari sekaligus menerima diri serta masa lalunya dan kemudian mengambil keputusan terhadap apa yang akan dilakukannya.

Tujuh sesi bukanlah waktu yang singkat dan kadang dilalui dengan proses yang tidak mudah. Jika konseling dilaksanakan 1x selama 1 minggu, maka waktu konseling secara keseluruhan 7 minggu. Lalu, tak jarang terdapat resistensi dari klien untuk menjalani konseling yang pada akhirnya menghambat proses tersebut. Stigma "tidak waras" ikut menyertai klien yang datang ke seorang psikolog.

Sehingga akhirnya muncul pertanyaan: untuk apa saya datang ke psikolog? Saya baik-baik saja kok!

Namun, Will yang awalnya menolak, justru merasa nyaman dengan psikolognya. Bahkan ketika sesi telah berakhir, ia merasa masih membutuhkan pertemuan tersebut.

Itulah proses.

Bahwa manusia berproses selama hidupnya adalah suatu keniscayaan, dan kehadiran orang lain dapat memberikan makna dalam perjalanan hidupnya.

Maka sesungguhnya, perubahan tidak diukur dari seberapa lama kita menjalani sebuah proses, namun seberapa mau kita menyelaminya.

Ada seorang klien yang sudah cukup dengan 1 kali sesi. Sementara klien lainnya 2, 3, hingga belasan bahkan puluhan sesi.

Seorang klien yang baru selesai menjalani 3 sesi berkata bahwa ia baru menyadari selama ini kurang peduli terhadap dirinya sendiri dan lebih banyak menyakiti psikis dan fisiknya. Kesadaran baru yang positif telah muncul. Membawa segala luka dan merangkumnya dalam penerimaan. Lalu mengolahnya menjadi seberkas cahaya.

Sumber gambar:
https://picgra.com/user/duddyfahri/10148958272

Share:

0 komentar:

Posting Komentar