Minggu, 04 Februari 2018

Mindful Learning untuk Mahasiswa Kedokteran (Bagian 2)


Jadilah Mr./Mrs. Awesome

Oleh Duddy Fachrudin

Bagi Anda yang belum membaca Mindful Learning untuk Mahasiswa Kedokteran (bagian 1), dapat membacanya di sini.

Mari kita lanjutkan pembelajaran mindfulness dalam bidang pendidikan ini, khususnya aplikasi mindful learning untuk mahasiswa kedokteran.

Masih ada 4 cara sederhana lainnya yang dapat dilakukan dalam mindful learning agar kita ketagihan belajar, fokus, tanpa stres, dan tentu saja mendapatkan nilai yang diharapkan. Cara pertama, yaitu niat telah dibahas di artikel sebelumnya.

Kedua, beginners mind.
"Aku suka sekolah ini!"
"Whooaa... Awsomeee!"
"Aku mencium bau petualangan!"

Kalimat pertama diucapkan Totto Chan, Gadis Cilik di Jendela yang memiliki nama asli Tetsuko Kuronayagi. Sementara kalimat kedua sering dilontarkan oleh Po, alias si Panda yang suka kungfu. Dan kalimat ketiga diteriakkan oleh Monkey D. Luffy, tokoh utama dalam serial manga One Piece.

Ketiga kalimat tersebut mencerminkan rasa penasaran, ketakjuban, dan keinginan untuk mengetahui lebih lanjut terhadap apa yang ada di depan mata. Itulah beginners mind, suatu sikap pembelajar yang mengijinkan dirinya untuk mengembangkan opennes to novelty.

Belajar akan menjadi menyenangkan ketika kita "merasa bodoh" dan terus ingin tahu, seperti yang dicontohkan ketiga tokoh di atas. Bahkan seorang yang cerdas, seperti Lintang (Laskar Pelangi) pun tetap "merasa bodoh" dan ingin terus belajar meskipun harus mengayuh sepeda 30 km dari rumahnya di pesisir pantai menuju Sekolah Dasar Muhammadiyah Gantong.

Bagi mahasiswa kedokteran, mempelajari manusia berarti menyibak misteri ciptaan Tuhan yang paling indah. Tanpa adanya beginners mind, belajar akan jadi membosankan dan penuh penderitaan. Namun jika diniatkan untuk "menyelami" keindahan ciptaan-Nya, maka kita akan terkagum-kagum takjub atas segala kreasi-Nya.

Maka setelah niat dihaturkan dan termaktub dalam hati, selanjutnya kembangkanlah beginners mind agar mendapatkan manfaat yang optimal dari penerapan mindful learning ini.

Bersambung ke sini: Mindful Learning untuk Mahasiswa Kedokteran (Bagian 3)

Sumber gambar:
https://wallpaper.wiki/downloas-free-awesome-face-wallpapers.html/awsome-face-image
Share:

0 komentar:

Posting Komentar