Kamis, 10 September 2020

Meredakan Nyeri dengan Mindfulness



Oleh Millia Asri 

Beberapa waktu ini saya mulai berlatih mindfulness

Bukan hal yang mudah bagi saya untuk melakukannya karena saya tipe orang yang selalu melakukan sesuatu dengan cepat dan kebiasan ini sudah membantu saya menjadi orang yang "garocoh pocoh". 

Selain itu saya sering menuntut diri saya untuk multitasking, mind wandering dan lainnya yang membuat saya menjadi orang yang tidak mindful.

Dan akhirnya... saya sering merasa lelah sendiri baik secara fisik maupun mental.

Perlahan saya berlatih mindful raisin, mindful breathing, mindful walking, mindful movement, body scan dan sitting meditation

Jalan sore atau jalan pagi menjadi kebiasaan baru dalam mengembangkan mindfulness.

###

Aktivitas berlatih mindfulness ini semakin lebih sering dilakukan ketika peristiwa ini terjadi.

Ceritanya....

Seminggu yang lalu, saya merasakan sakit yang teramat sangat pada anggota gerak bawah terutama bagian lutut, paha dan pergelangan kaki. Hal ini menyebabkan untuk berdiri saja sangat sangat sulit, apalagi berjalan. Sakit itu mungkin disebabkan karena pergerakan saya yang tidak bagus sehingga membuat otot dan sendi saya sakit.

Dalam kondisi ini saya melakukan body scan, mindful breathing, siting meditation dan mindful walking.

Saya mencoba merasakan setiap sensasi rasa sakit tersebut, mengamati setiap sensasi sakit tersebut, menerima setiap rasa sakit tersebut apa adanya tanpa ada penilaian.

Alhamdulillah setelah rutin melakukan mindful pratices, sakit itu sangat jauh berkurang dan jujur rasa sakit itu hanya sesekali muncul.

Belajar dan berlatih keterampilan psikoterapi bukan hanya untuk membantu orang lain tapi yang paling penting adalah untuk menolong diri sendiri terlebih dahulu. Ketika kita sudah mampu menolong diri sendiri, Insya Allah kita mampu menolong orang lain.

Sumber gambar:
https://creakyjoints.org/alternative-medicine/meditation-for-chronic-pain-what-its-like/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar