Senin, 17 Juli 2017

Tai Chi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Oleh Duddy Fachrudin

Jika ada satu bentuk olahraga yang tidak akan pernah dilombakan dalam olimpiade maka tai chi adalah jawabannya.

Mengapa?

Tentu saja tai chi tidak memenuhi prinsip dan moto olimpiade, yaitu Citius (lebih cepat), Altius (lebih tinggi), dan Fortius (lebih kuat).

Tai chi adalah salah satu bentuk meditasi gerak (moving meditation). Setiap gerakan dalam tai chi memiliki prinsip kelenturan, kelembutan, harmoni, dan terus menerus. Itulah mengapa dalam tai chi setiap gerakannya perlu disadari dan dirasakan. Dan dibalik gerakan tai chi, terdapat manfaat tersembunyi yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Berbagai penelitian mengenai tai chi yang dipraktikkan selama 2-6 bulan (rata-rata 3x/ minggu) oleh partisipan penelitian menunjukkan manfaat tai chi bagi kesehatan fisik maupun psikis sebagai berikut:




Melihat manfaat yang begitu banyak dari hasil berlatih tai chi mungkin kita mulai menjadikan olahraga ini sebagai olahraga yang kita lakukan, apalagi di tengah gaya hidup penduduk dunia di era digital yang serba cepat ini. Apalagi bagi orang dengan berat badan berlebih, tai chi ibarat para teknisi bengkel yang siap menservis motor kita. Sebelum masuk bengkel motor kita terasa berat mesinnya, namun setelah keluar (diservis) jadi terasa ringan. Begitulah tai chi. 

Gerakan tai chi banyak bersinggungan dengan lutut, bahu, dan pinggul. Semakin sering dilatih ketiga bagian ini maka otot-otot, persendian, dan tulang yang di sekitar organ tersebut semakin kuat dan semakin fleksibel. Dengan ini orang dengan berat badan berlebih lebih aktif dan nyaman untuk bergerak.

Tai Chi dan Body Mass Index (BMI)

Apakah tai chi dapat menyeimbangkan BMI? Salah satu manfaat tai chi adalah menurunkan tekanan darah dan memperbaiki profil lemak. Saat profil lemak stabil maka berat badan turun. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan (Hui, Woo, & Kwok, 2009), bahwa terapi body-mind seperti tai chi menurunkan tekanan darah tinggi, memperbaiki profil lemak, dan menurunkan berat badan. 

Jadi, meskipun tai chi tidak membuat Anda lebih cepat (Citius), lebih tinggi (Altius), dan lebih kuat (Fortius), namun tai chi yang gerakannya pelan dan lembut memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Berlatih tai chi, kenapa tidak?

Referensi:
Hui, S.S.C., Woo, J., & Kwok, T. (2009). Evaluation of energy expenditure and cardiovascular health effects from Tai Chi and walking exercise. Hongkong Medical Journal, 15 Suppl 2, p. 4-7. 

Sumber gambar:
Dokumen pribadi
Share:

0 komentar:

Posting Komentar