Senin, 07 Agustus 2017

Mindset Hidup Sehat dan Pesan Konfusius


Oleh Duddy Fachrudin

Apa yang membedakan dokter yang biasa-biasa saja dengan dokter yang luar biasa? Pakar kesehatan atau dokter yang biasa-biasa saja adalah mereka yang memberikan intervensi pengobatan sesuai dengan penyakit yang dialami pasien tanpa memberikan nasihat-nasihat mengenai gaya hidup sehat yang baik. Sementara pakar kesehatan atau dokter yang luar biasa adalah mereka yang memberikan nasihat mengenai gaya hidup yang baik kepada para pasien, menuliskan tips-tips gaya hidup sehat dalam buku, bahkan menganjurkan kepada mereka untuk dapat merawat dirinya sendiri (self care).

Para pakar kesehatan yang luar biasa memberi nasihat kepada pasien bahwa pasienlah yang menentukan kesehatan mereka. Bahkan pasien tidak perlu tergantung pada para dokter, obat-obatan, atau suplemen untuk menjadi sehat. Diri kitalah yang menentukan kesehatan kita. Hal ini dikarenakan tubuh manusia didesain dengan sangat canggih oleh Allah Swt. Di dalam tubuh manusia sudah tersedia perangkat organ yang berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti jantung, lambung, usus, dan hati. Bahkan di dalam perut manusia terdapat ratusan miliar bakteri baik yang bertindak sebagai pasukan penjaga perdamaian dan keamanan dari serangan virus dan bakteri jahat.




Orang sehat adalah mereka yang sadar akan potensi tubuhnya dan menggunakannya sebaik mungkin. Sebaliknya orang sakit adalah bertindak semena-mena pada tubuhnya sendiri. Gaya hidup masa kini berpotensi membuat orang cenderung merusak tubuhnya, seperti dengan memakan makanan cepat saji, makan dengan terburu-buru, tidur larut malam karena terlalu banyak bekerja, dan sebagainya.

Memiliki tubuh yang sehat dan menjaga berat badan berada dalam kondisi ideal dimulai dari mindset bahwa “Akulah yang bertanggungjawab atas kesehatanku”. Dengan mindset tersebut kita menyadari sepenuhnya bahwa kesehatan menjadi prioritas dalam hidup kita. Konfusius, filsuf terkenal dari Tiongkok berkata, “Ada 3 jenis kematian pada orang yang mempersingkat hidupnya sendiri. pertama, saat mereka tidak menjalani hidup dengan normal. Mereka tidak mengatur apa yang mereka makan. Mereka membuat lelah diri mereka secara berlebihan atau terlalu malas sehingga mereka merusak tubuh mereka sendiri, menjadi sakit dan meninggal...”

Maka memiliki mindset “Akulah yang bertanggungjawab atas kesehatanku” adalah sangat penting. Dokter bukan orang yang bertanggungjawab apalagi penentu kesehatan Anda. Obat dan suplemen adalah opsi terakhir untuk menjaga kesehatan. Dan opsi pertama dan utama untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjalani gaya hidup sehat.

Sumber gambar:
http://colemanhealthandlifestylecenter.com/courses/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar