Minggu, 18 Februari 2018

Memahami Mindfulness dari Metafora

Metafora dalam Mindfulness

Oleh Duddy Fachrudin

Banyak cara untuk memahami mindfulness. Mereka diantaranya dengan berlatih meditasi, hidup dengan mindful, membaca literatur ilmiah atau buku populer tentang mindfulness, mendengarkan kajian instruktur mindfulness, dan menyimak metafora. Dari berbagai cara tersebut, cara terakhir merupakan cara yang paling simple dan langsung menggugah pemahaman.

Metafora adalah kiasan, imaji, dongeng, film, puisi atau apapun yang tidak menyuratkan makna sesungguhnya dari suatu hal. Tujuan dari penggunaan metafora yaitu menyampaikan values dari suatu hal atau pesan ke dalam pikiran manusia secara unconsciously.

Penggunaan metafora dalam mindfulness diperlukan dalam memahami mindfulness itu sendiri. Hal ini memudahkan individu dalam menangkap makna dari mindfulness beserta tujuan dan manfaatnya. Contoh metafora yang biasa digunakan dalam program mindfulness berbasis intervensi yaitu puisi Jalaluddin Rumi yang berjudul The Guest House:

The Guest House

This being human is a guest house.
Every morning a new arrival.

A joy, a depression, a meanness, some momentary awareness comes as an unexpected visitor.

Welcome and entertain them all!
Even if they are a crowd of sorrows, who violently sweep your house empty of its furniture, still, treat each guest honorably.
He may be clearing you out for some new delight.

The dark thought, the shame, the malice.
Meet them at the door laughing and invite them in.

Be grateful for whatever comes.
Because each has been sent as a guide from beyond.


Dari puisi ini kita lebih mudah memahami makna dari sikap-sikap mindfulness, seperti acceptance, letting go, gratitude, dan beginners mind. Menerima, melepas, bersyukur dan menghadapi hal yang baru ibarat The Guest House-nya Sang Pujangga. Karena begitu pentingnya metafora, Arnie Rozak, Ph.D seorang praktisi dan pengajar mindfulness sampai membuat buku "Wild Chickens and Pretty Tyrants: 108 Methapors for Mindfulness".

Maka pada artikel-artikel mindfulnesia berikutnya akan ditampilkan metafora-metafora dari berbagai referensi yang memudahkan Anda dalam mempelajari dan memahami mindfulness. Metafora-metafora ini juga dapat digunakan dalam intervensi atau penelitian-penelitian eksperimen mengenai mindfulness

Sumber gambar:
https://www.amazon.com/Wild-Chickens-Petty-Tyrants-Mindfulness/dp/0861715764

  
Share:

0 komentar:

Posting Komentar