Senin, 25 Juni 2018

Cara Sederhana Mengatasi Insomnia (Bagian 2, habis)


Oleh Duddy Fachrudin

Saya menyarankan cara sederhana untuk mengatasi sulit tidurnya.

Pertama, melakukan mindful breathing.

Teman saya seorang perawat sehingga tidak menemui kesulitan ketika saya mengajarkan mindful breathing. Ia dapat mempraktikkannya dengan mudah.

Mindful breathing merupakan latihan sederhana dengan memfokuskan perhatian pada napas. Waktu yang dibutuhkan untuk berlatih ini tidak banyak, yaitu 3-5 menit saja. Untuk kasus insomnia, mindful breathing dapat dilakukan minimal dua kali sehari, dengan menekankan latihan pada siang dan malam hari.

Kedua, berlatih body-scan meditation.

Latihan favorit saya ketika kondisi tubuh sangat lelah dan pikiran mengambara ke mana-mana. Cukup merebahkan diri di kasur atau matras lalu memberikan perhatian pada tubuh dari ujung kaki hingga ujung rambut. Menyadari keberadaan tubuh, merasakannya, lalu menerimanya.

Kadang disaat berlatih body scan meditation, kita dapat mendengarkan tubuh kita berbicara. Kita cukup mendengarkannya dengan penuh kesadaran.

Waktu terbaik untuk berlatih body scan adalah malam hari. Bersihkan kasur (kebas dengan sapu lidi), meng-off-kan smartphone, matikan lampu, lalu berlatih secara alami dan mengalir.

###

Tiga hari kemudian teman saya menyampaikan ia sudah bisa tidur pulas. Ia menceritakan kedua teknik tersebut sangat membantu. Bahkan kemudian ia mendapatkan insight yang begitu mencerahkan.

Teman saya menuturkan selama ini ia seringkali bermain handphone ketika sepulangnya dari kantor. Pikirannya mengatakan, "Saya sudah kerja siangnya, maka saya boleh dong main dulu sebelum tidur." Ternyata self-talk tersebut dikabulkan oleh tubuhnya. Nyatanya ia masih merasa bugar ketika malam hari meskipun sudah bekerja seharian dan menempuh perjalanan 3 jam pulang pergi dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

"Saat membutuhkan tidur, saya justru sulit tidur, ya mungkin karena kata-kata saya itu," ujarnya.

Sadari. Terima. Maafkan.

Untuk hidup kita membutuhkan tidur.

<<< halaman Sebelumnya

Sumber gambar:
https://www.whateverison.com/researchers-have-found-the-reason-behind-increasing-insomnia/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar