Senin, 23 September 2019

Mindful Couple: Kembali Ke Awal


Oleh Duddy Fachrudin

Alex dan Beno. Keduanya punya profesi yang super sibuk. Keduanya anak tunggal. Keduanya keras kepala. Keduanya dipertemukan, dan jatuh cinta.

Cinta saja rupanya tak cukup untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Ego masing-masing yg ingin dituruti dan saling menghakimi memunculkan luapan freatik maupun konflik nan masif. Bertubi-tubi pertengkaran melelahkan fisik dan mental, yang pada akhirnya membuat keduanya terpental.

Hubungan interpersonal antara dua insan dalam sebuah ikatan adalah manajemen ketidakcocokan. Begitulah pesan alm. Sophan Sophian, cinta sejatinya Widyawati. Ketidakmampuan pengelolaan dan pengendalian sifat serta karakter individu hanya akan menimbulkan luka bagi pasangannya.

Selain itu, karena terdapat banyak perbedaan, maka setiap individu diminta belajar untuk saling mengenal... Yaa ayyuhan naasu inna khalaqnaakum min zakariw wa unsaa wa ja'alnaakum syu'ubaw wa qabaa 'ila lita'aarafu, inna akramakum 'indallahi 'atqaakum, innallaaha 'aliimun khabir. (QS. 49: 13)

Maka memberi jeda saat konflik menerpa bertujuan untuk mengerti dan memahami. Berhenti adalah sebuah langkah untuk kembali ke awal, titik nol, dimana pikiran dan hati dapat menjadi jernih sehingga memungkinkan untuk hadirnya berbagai alternatif respon yang lebih positif dan bijaksana.

Seperti kata Glen Fredly, "...tak ingin daku, mengulangi cara yang sama tuk mengerti tentang kita..."

Maka strategi yang berbeda niscaya ada. Untuk itu perlu kiranya mengembangkan metacognitive awareness, sebuah istilah yang diciptakan Barnard & Teasdale di awal 90'an yang menggambarkan suatu keadaan pikiran yang berkesadaran dan memiliki perspektif yang luas.

Contoh yang paling nyata datang dari kisah One Piece: Stampede, dimana para bajak laut yang menjadi musuh angkatan laut justru berkoalisi dengan mengusung satu visi. Keduanya menyisihkan ego demi satu tujuan yang sama, yaitu mengalahkan Douglas Bullet, villain utama yang kekuatannya konon melampaui Rayleigh. Loh kok malah nyambungnya ke One Piece ya...

Lalu pertanyaannya: satu itu apa?

Sumber gambar:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar