Kamis, 24 Januari 2019

#2019HidupLebihMindful


Oleh Duddy Fachrudin

Lasse Rouhiainen dalam bukunya yang sangat fresh yang berjudul Artificial Intelligence: 101 Things You Must Know Today About Our Future menuliskan 11 skills yang dibutuhkan di masa depan. Salah satu keterampilan tersebut ialah mindfulness, suatu kemampuan dalam memberikan perhatian penuh terhadap suatu hal. Setidaknya ada 3 hal penting mengapa keterampilan ini perlu dimiliki oleh kita:

1. Perkembangan jaman yang begitu cepat membutuhkan sebuah cara bagi kita untuk mengelola pikiran, perasaan dan juga perilaku. Mindfulness berperan di sini agar kita pandai dalam menata kondisi mental kita. Tidak jarang bagi mereka yang kesulitan mengelola jiwanya terjerembab dalam kesepian, depresi, dan kecanduan internet--tiga permasalahan psikologis yang berkembang pesat di era digital.

2. Dunia telah berubah dimana setiap insan dituntut untuk semakin cerdas (smart people). Maka pengambilan keputusan menjadi suatu hal yang krusial, khususnya bagi kita. Mindfulness mengembangkan kehati-hatian, sadar dan waspada daripada keterburuan sehingga keputusan yang diambil merupakan hasil dari olah nalar yang bijaksana.

3. Setiap manusia meyakini kedamaian dan ketenangan adalah kondisi yang selalu diperjuangkan. Kedamaian tidak akan tercipta tanpa adanya cinta kasih (compassion). Mengembangkan cinta kasih merupakan bagian dari kehidupan yang mindful yang juga turut serta menciptakan keseimbangan pada alam semesta.

#2019HidupLebihMindful

Sumber gambar:
http://www.lasserouhiainen.com/artificial-intelligence-book/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar