Rabu, 23 Januari 2019

Melakukan Respon ala Five Facet Mindfulness

Oleh Duddy Fachrudin

Bayangkan Anda adalah seorang audiens yang sedang menyimak sebuah seminar. Lalu seseorang presentasi di depan Anda dengan terbata-bata. Tak jarang salah kata menyertai komunikasinya. Namun ia terlihat sangat berusaha menyampaikan makna dari setiap ucapnya.

Respon apa yang Anda berikan?

Berbagai pikiran, perasaan, ingatan, persepsi, prasangka turut campur dalam pengambilan keputusan, yaitu respon atas apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan.

Hampir sebagian besar stimulus yang tidak menyenangkan akan disikapi negatif, bukan? Seperti halnya contoh di atas, mungkin kita akan nyeletuk, "Tidak bermutu", atau "Jelek, kok bisa sih dia bicara di depan umum?"

Kata-kata negatif keluar dari pikiran, hati, dan mulut kita mengotori semesta yang indah.

###

Bersikap mindful adalah upaya untuk tidak melakukan judgement dan merespon secara reaktif. Untuk bisa berada pada titik tersebut ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui.

Maka, Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) hadir untuk melihat sejauhmana seseorang dapat mindful dalam kehidupannya. Alat ukur ini merupakan pengembangan dari Kentucky Inventory Mindfulness Skills (KIMS).

Terdapat penambahan satu aspek mindfulness, yaitu non-reactivity pada FFMQ, yang melengkapi aspek observing, describing, act with awareness, dan acceptance without judgement/ non-judging yang sudah ada sebelumnya di KIMS.

Mari satu persatu kita lihat aspek-aspek dalam FFMQ ini:

Observing, kita belajar memberikan perhatian atau mengamati stimulus yang hadir dan juga dunia internal (pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh) kita.

Describing, di titik ini kita dapat menggambarkan sekaligus mengungkapkan apa yang ada dalam dunia internal dan eksternal dengan tepat.

Act with awareness, saat dimana perhatian tertuju sepenuhnya pada objek yang kita hadapi. Atau kita sepenuhnya bertindak secara sadar dalam aktivitas kita. Biasanya supaya benar-benar menyadari sepenuhnya, kita tidak multitasking.

Acceptance without judgment, menerima pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh tanpa melakukan penilaian. Hmm... mungkin disini Anda akan mengernyitkan hati. Tanpa melakukan penilaian? Apakah bisa?

Non-reactivity, maksudnya tidak prematur memberikan respon, kita berusaha untuk tenang dalam mengambil sebuah keputusan. Dan saat ketenangan tercipta, kebijaksanaan menaungi keputusan yang kita ambil.

###

Ikuti alur aspek-aspek mindfulness dalam FFMQ, lalu bayangkan kembali presenter yang terbata-bata tersebut dalam imajinasi Anda.

Respon apa yang Anda berikan?

Good Job!

Sumber gambar:
https://www.freepik.com/free-vector/good-job-sticky-note-illustration_2631963.htm

Share:

0 komentar:

Posting Komentar