Rabu, 05 Februari 2020

Pelatihan Mindfulness: 3 hari Untuk Selamanya


Oleh Duddy Fachrudin

Berapa jam saya perlu berlatih mindfulness?

Sebagian besar modul mindfulness seperti Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) atau Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT), berisi 8 sesi yang bisa dilakukan selama 2 bulan. Setiap sesi berlangsung selama 90 menit atau 1,5 jam setiap minggunya.

Artinya total 12 jam menjalani Program Mindfulness. Jika dalam modul tersebut ditambah 1 hari untuk sesi retreat maka 36 jam kita berlatih mindfulness dalam pelatihan atau program mindfulness.

Pelatihan mindfulness juga mengajak peserta untuk berlatih mindfulness secara mandiri di rumah setidaknya 45 menit dalam sehari. Body scanning, mindful breathing, stretching, walking, sitting, dan sebagainya menjadi menu formal yang bisa diterapkan dan juga dilatih sehari-hari.

Maka ada sekiranya 52 hari x 45 menit atau 2340 menit atau 39 jam yang digunakan untuk berlatih berbagai jenis latihan mindfulness secara mandiri di rumah selama 2 bulan.

Total 75 jam atau 3 hari lebih kita berlatih mindfulness dalam sebuah program pelatihan mindfulness berdasarkan pada modul-modul mindfulness.

Berlatih mindfulness memang tidak instan karena memang tujuannya mengembangkan dan membiasakan kehidupan yang mindful yang dilandasi jernihnya pikiran dan beningnya hati sehingga respon atau perilaku yang keluar adalah perilaku yang bijaksana. Selain itu tentu diiringi kesehatan mental (mental health) dan fisik yang optimal dari sebelumnya.

Setelah mendapat pelatihan mindfulness secara formal, kita bisa menjadi lebih terbiasa untuk berlatih mindfulness dan mengembangkan mindfulness dalam aktivitas sehari-hari, seperti saat makan, mandi, tidur, olahraga, beribadah, berinteraksi dengan orang lain, dan mengemudi kendaraan.

Maka ketika mengembangkan kehidupan yang mindful (mindful living) sama artinya berlatih mindfulness selamanya.

Ya. Karena mindfulness is lifestyle.

Bagaimana jika saya mengikuti pelatihan mindfulness yang hanya dua atau satu hari, bahkan setengah hari? Apakah maksimal?

Pelatihan yang sesungguhnya adalah setelah program pelatihan. Maka ikuti pelatihan mindfulness tersebut, lalu kembangkan diri dan terus berlatih setelahnya.

Cek pelatihan mindfulness terbaru di sini >>>

Sumber gambar:
https://www.instagram.com/duddyfahri/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar