Senin, 01 Juni 2020

Meditasi Hijau: Fase Belajar dan Bertumbuh di Kala Pandemi



Oleh Prinska Damara Sastri 

Gimana jadinya kalau kita yang sehari-harinya lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah lalu berubah harus tetap #dirumahaja. Ya, khususnya selama pandemi corona ini.

Sebagian besar orang mungkin mengalami kebosanan. Aku dan kamu bisa termasuk ke dalam golongan sebagian besar itu.

Dengan kondisi seperti ini, sebisa mungkin melakukan kegiatan positif agar cerita #dirumahaja ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengeluh. Karena keluh hanya memproduksi stres berkepanjangan dan tidak membuat pribadi untuk belajar utuh serta bertumbuh.

Kalau dipikir-pikir, stay at home bisa jadi satu ajang yang baik bagi kita untuk mengenal diri, memahami keluarga kita lebih dekat, serta mengetahui kondisi lingkungan di rumah dan di sekitarnya dengan lebih baik. 

Masa pandemi adalah saat yang tepat untuk rehat.

Meditasi dan berolahraga menjadi opsi utama aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Selain itu, berkebun menjadi suatu hal baru yang menarik untuk dicoba.

Mengapa berkebun?

Hal ini diawali dengan kebiasaan saya membuat pupuk kompos sendiri dari sampah rumah tangga. Sebuah hobi yang iseng dilakukan akibat jenuh dari tugas akhir yang tak kunjung beres sejak dua tahun lalu. 

Mengkompos... ternyata setelah dijalani menyenangkan juga. Dan pada akhirnya aktivitas ini menjadi sebuah hobi yang sifatnya berkelanjutan.

Setelah mulai terbiasa membuat pupuk kompos, terpikir untuk menekuni aktivitas berkebun. 

Kita semua percaya bahwa dengan memulai hobi seperti ini, secara langsung menyumbangkan banyak oksigen untuk bumi. Hal ini akan berdampak pada keadaan bumi yang semakin sehat yang pada akhirnya ia memberikan energi baik pada penghuninya.

Maka, sejak awal Covid-19 memasuki negeri ini, saya mencoba mengulik sendiri tentang berkebun, diawali dengan membeli beberapa benih dan juga bibit untuk ditanam.

Saat berkebun saya melihat betul bagaimana proses tanaman-tanaman ini tumbuh. Mulai dari benih sampai mereka bertransformasi menjadi tumbuhan.

Banyak hikmah yang saya pelajari dari berkebun. Ada suka, juga duka.

Dibanding sukanya, diawal-awal berkebun banyak dukanya juga. Seperti harus merelakan benih yang tidak tumbuh, lalu kebingungan saat tanamannya tumbuh dengan tidak sehat, dan sebagainya.

Mulai muncul pikiran otomatis: benar ya, kegiatan berkebun adalah kegiatan menjenuhkan dan juga kuno. 

Rasanya seperti menunggu sesuatu yang tak pasti. Ingin menyerah saja, karena seperti menambah beban baru. 

Tapi...

Dibalik semua itu ternyata saya belajar untuk lebih bersabar, kemudian mengobservasi kesalahan dan belajar untuk lebih berusaha lagi. Hikmah ini bisa diterapkan ketika harus menghadapi Covid-19 yang tak tahu kapan usainya.

Rehat dengan meditasi hijau alias berkebun menyadarkan bahwa semuanya membutuhkan proses. 

Ada kegagalan, lalu pembelajaran, kesabaran, pemaknaan yang dalam, keikhlasan, hingga tumbuh kecintaan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi bumi ini.

Di sinilah kita berpindah dari fase. Dari yang awalnya mengeluh ke tahapan belajar serta bertumbuh. 

Sumber gambar: 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar