Selasa, 13 Februari 2018

Mindful Learning untuk Mahasiswa Kedokteran (Bagian 5)

Cinta, suatu hal yang mengalahkan segalanya...

Oleh Duddy Fachrudin

Cara terakhir dalam mindful learning untuk mahasiswa kedokteran, tiada lain adalah mengembangkan cinta.

Kelima, Cinta.
Segalanya akan mudah jika ada cinta, termasuk bagi mahasiswa kedokteran yang "diminta" orangtuanya untuk menjadi dokter. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Ijinkan saya mengisahkan cerita yang sangat inspiratif dari Kang Tauhid Nur Azhar yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Undip berikut:

"Konsep ini (Cinta) meski dulu saya tidak tahu namanya pernah saya terapkan di masa studi saya. Saya pernah begitu terkejut dan terpuruk dengan cara belajar di Fakultas Kedokteran yang sangat berat dan kompetitif serta tidak memberi ruang bagi kesalahan dan kelemahan. Akibatnya saya nyaris frustasi di 2 semester pertama. IPK saya 1.9. Malah semester 1 cuma 1.4. Nilai E dan D bertaburan layaknya bintang di langit.

Memang bukan hanya saya aja sih, sekitar 60% teman seangkatan bernasib sama. Kami golongan Nasakom yang kemudian termarjinalkan dalam kompetisi percaperan pada teman seangkatan dan adik kelas. Cewek-cewek yang jadi idola saat itu nilainya juga nilai langit semua. Maklum mereka kan bidadari ya. Kami mengulang hampir semua pelajaran dan para Dewi melenggang ke kelas yang lebih tinggi.

Kemudian pada semester 4 ada proses saringan pertama yang disebut Terminasi. Jika gagal melewatinya dengan IPK 2.00 maka selamat tinggal bidadari FK. Para Terminator, demikian sebutannya memang dapat kesempatan untuk memperbaiki nilai-nilainya. Maka pada semester 4 adalah masa yang paling berat. Daya hidup merosot. Apakah pilihan saya masuk FK (yang merupakan pilihan orangtua) ini sudah benar?

Akhirnya tibalah D-Day yang menentukan nasib Terminator, yudisium PPD (Program Pendidikan Dasar). Nama saya dibacakan terakhir karena ternyata saya tidak lulus 9 mata kuliah.

Ada 1 kesempatan terakhir yang diberikan kepada semua Terminator, yaitu ujian Remedial yang akan diselenggarakan dalam waktu 2 hari. Ya, apapun mata kuliahnya yang tidak lulus, maka Remedial hanya tersedia di 2 hari itu saja.

Saya terhenyak, seperti semua teman-teman yang hadir saat itu. Mereka menatap saya dengan prihatin, "Bagaimana mungkin dia menyelesaikan ujian 9 mata kuliah dalam 2 hari dan lulus?"

Saya hanya terdiam. Beringsut ke ruang yudisium dan pulang. Di rumah masuk kamar dan sholat Dhuhur lalu berkemas dan membereskan semua baju dan buku. Menatap sekeliling kamar yang telah ditempati sekitar 2 tahun dan mulai memikirkan rencana mencari sekolah yang baru.

Terbayang wajah Ayahanda dan Ibunda yang begitu bangga saat nama saya diumumkan diterima di FK Undip yang saat itu tengah berjaya di Indonesia. Padahal sebenarnya, saya sedikit kecewa karena saya sudah diterima di IPB dan merasa pilihan FK ini sekedar memenuhi kehendak orangtua. Namun kemudian, dari titik itulah saya sadar bahwa pilihan dalam hidup itu bukan soal membuat kita bahagia, tetapi akan jauh akan jauh berkualitas rasa bahagia itu jika kita juga bisa membahagiakan orang lain. Apalagi jika  mereka adalah orang-orang yang sangat mencintai kita dan juga kita cintai.

Saat itu berkelebat dalam benak saya, "Saya ini hidup untuk siapa dan untuk apa? Jika saya hidup untuk saya, betapa kecil dan sempitnya dunia saya."

Bersambung ke bagian akhir dari Mindful Learning untuk Mahasiswa Kedokteran di sini.

Sumber gambar:
http://contemplative-studies.org/wp/index.php/2017/08/02/improve-self-compassion-with-loving-kindness-meditation/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar