Senin, 12 Februari 2018

Mindful Learning untuk Mahasiswa Kedokteran (Bagian 4)

Staying Focus (Ilustrasi)

Oleh Duddy Fachrudin

Masuk pukul 9 pagi dan pulang pukul 14 siang. Itulah jam belajar di sekolah-sekolah Finlandia. Para siswa belajar selama lima jam dengan setiap jamnya berdurasi selama 45 menit. Setelah belajar setiap jam, mereka beristirahat selama 15 menit.

Pola belajar seperti ini dapat membuat siswa tetap mempertahankan fokus belajar dan menjaga mereka tetap berenergi selama pembelajaran. Dengan hal ini, maka belajar pun menjadi produktif, stres berkurang, dan lebih mindful.

Maka cara sederhana dalam mindful learning berikutnya yang dapat dipraktikkan mahasiswa kedokteran adalah:

Keempat, Mengatur Energi
Belajar merupakan aktivitas mental yang melibatkan otak, suatu organ yang berperan dalam berbagai fungsi psikologi yang salah satunya learning. Manajemen energi menjadi suatu hal yang penting karena berpengaruh pada tingkat kefokusan individu selama belajar. Maka dalam belajar pun tidak boleh berlebihan. Perlu adanya jeda setelah kita belajar selama 45 menit atau 1 jam. Jeda berarti mengijinkan otak untuk beristirahat sejenak.

Fenomena umum yang sering dijumpai pada mahasiswa adalah belajar dengan sistem kebut semalam (SKS). Belajar dengan cara ini membuat kita menjadi lelah dan menyebabkan stres. Maka belajar hingga membuat kita begadang bukan suatu cara yang jitu apalagi efektif. Materi yang dipelajari akan lebih cepat menguap, dan jangan heran jika saat ujian kita sering merasa "sepertinya pernah baca ini, tapi kok lupa... apa ya...".

Belajar yang terbaik adalah memperhatikan apa yang sudah seharusnya diperhatikan. Jika sedang kuliah, maka fokuslah memperhatikan materi kuliah. Lihat, dengar, dan rasakan perkuliahan tersebut. Libatkan diri secara penuh dan bertanyalah secara aktif. Ketika akan ujian, hanya meriviu materi tanpa harus begadang.

Namun kenyataannya ketika kuliah, justru mahasiswa mengerjakan tugas lain, ini yang akhirnya perkuliahan menjadi sia-sia. Ketika di rumah atau tempat kos, mahasiswa tersebut harus membaca dengan ekstra materi kuliah tersebut. Itupun bisa terjadi jika ada waktu, karena tugas-tugas lain sudah menanti di depan mata.

Maka aturlah energi. Belajar 45 menit, istirahat 15 menit. Dan bagi para pendidik, guru atau dosen, perlu menyediakan jeda selama kuliah.

Lalu fokuslah belajar. Jika kuliah hanya memperhatikan kuliah, tidak melakukan aktivitas lain. Belajarlah dengan mindful, dan bahagia saat belajar itu kelak terasa.

Bersambung ke Mindful Learning untuk Mahasiswa Kedokteran (Bagian 5)

Sumber gambar:
http://centre4inspiration.com.au/workshops/mind-energy-course-3/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar