Rabu, 10 Oktober 2018

Bahagia itu Luka


Oleh Duddy Fachrudin

Masih dalam rangka hari Kesehatan Jiwa Sedunia, diskusi orang-orang di sosial media tidak terlepas dari ranah ilmu psikologi. Sementara yang lain bertukar kata, saya memilih mendengarkan lagu lalu tertidur pulas sebelum jarum jam menunjukkan pukul 10 malam. Bahagia.

Kata terakhir itu yang paling dicari dan dinantikan hadir oleh manusia. Kalau perlu melekat selamanya. Karena itu, premis bahagia itu sederhana banyak digunakan para motivator dan penulis buku self-help yang buku-bukunya mengantri dipajang di toko buku.

Bagi saya, bahagia itu tidak sederhana.

Dan bahagia itu luka.

Mungkin suatu saat kalimat di atas itu akan menjadi judul sebuah buku atau film. Layaknya Cinta itu Luka karya Eka Kurniawan yang diterjemahkan ke dalam 34 bahasa dan memenangi beragam penghargaan internasional.

Asik ya? Apalagi Kang Eka bisa jalan-jalan keliling Eropa diundang panitia book fair dari beberapa negara.

Siapa yang tidak mau seperti itu? Saya mengamati pikiran saya. Lalu kembali membaca sejarah Cinta itu Luka yang ternyata...

diterbitkan pertama kali pada 2002.

Baru setelah pengembaraan 13 tahun kemudian novel itu baru menjadi perbincangan para penikmat sastra.

Dari kisah ini kita boleh mengambil kesimpulan, bahagia itu sebuah journey. Di dalamnya ada penolakan, kesabaran, hingga tentunya kebersyukuran. Itulah mengapa bahagia itu tidak sederhana... apalagi jika melihat kebahagian seperti dalam penggalan dialog dari sebuah kisah berjudul Ilyas yang ditulis oleh Count Lev Nikolayevich atau Leo Tolstoy:

“Tapi , apa yang sesungguhnya membuatmu bahagia sekarang?”

“Ketika kami kaya-raya, kami tak pernah merasakan kedamaian: tak ada waktu untuk bercakap-cakap, berpikir tentang jiwa kami atau berdoa pada Tuhan. Kami punya banyak kecemasan. Jika kedatangan tamu, kami cemas tak bisa menjamu mereka dengan baik. Kami cemas tak memperlakukan para pekerja kami dengan benar. Kami takut berdosa. Jika hendak tidur, kami cemas jangan-jangan ternak kami dimakan binatang buas. Tidur kami jadi tidak nyenyak. Kecemasan yang satu berganti dengan kecemasan yang lain. Kami jadi sering berselisih paham. Suamiku berpendapat begini dan aku berpendapat begitu. Dan itu adalah dosa yang membuat kami tak pernah bahagia.”

“Lalu sekarang?”

“Kini kami bangun pagi bersama dan berbicara dari hati ke hati dengan penuh cinta dan kedamaian. Kami tak pernah lagi bertengkar, tak ada lagi yang perlu dicemaskan. Kami hanya perlu melayani majikan kami dengan baik. Kami bekerja keras sebisa mungkin dan itu membuat majikan kami menyayangi kami. Setelah usai bekerja, tersedia makanan dan kumiss. Jika kami kedinginan, ada selimut dan pediangan yang akan menghangatkan tubuh kami. Ada banyak waktu untuk bercakap-cakap, berpikir tentang jiwa kami, dan berdoa pada Tuhan. Kami akhirnya menemukan kebahagiaan setelah lima puluh tahun mencarinya.”


Perspektif bahagia seorang sastrawan sekaliber Tolstoy sangat tidak sederhana, bukan?

Oleh karenanya bahagia itu subjektif. Seperti halnya pandangan sebagian besar orang yang menginginkan bahagia itu secepatnya hadir. 

Instan, terburu-buru, tanpa pikir panjang, dan kadang-kadang dalam mencapainya melanggar norma. Primal fear mendominasi pengambilan keputusan. Pikiran telah dibajak dan dijarah oleh nafsu mempertahankan hidup belaka.

Maka, jika itu yang terjadi, bahagianya semu. Bahagia hanyalah sebuah luka yang berada di titik terendah kehidupan manusia.

Sumber gambar:
https://hellogiggles.com/love-sex/self-sabotage-why-people-ruin-happy-relationships/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar