Selasa, 07 Agustus 2018

Gence Nan Kece Senikmat Latte (Review Buku)


Oleh Duddy Fachrudin

Gence: Membedah Anatomi Peradaban Digital.

Dari judulnya saja kita dapat menebak isi buku ini tidak hanya berbicara tentang satu hal. Ibarat membuka sebuah kulkas, maka kita akan mendapatkan beragam "makanan dan minuman" dalam buku Gence.

Ada kajian mengenai sejarah peradaban manusia, teknologi informasi dan komunikasi (ICT), tata kelola kota (smart city), smart tourism, kecerdasan buatan, kesehatan dan psikologi (perubahan perilaku di jaman now), diskusi mengenai hoak, manajemen dan leadership, fintech, otak dan neurobiologi, serta banyak lagi.

Semua itu dikupas secara cantik oleh Kang Tauhid Nur Azhar, dan penulis lainnya  yang memiliki keilmuwan yang beragam. Maka Gence adalah sebuah kolaborasi ciamik yang perlu kita baca oleh kita (baca: warga peradaban digital) agar mengoptimasi kemampuan iqra sehingga dapat "berselancar" di revolusi indutri ke 4.0.

Satu hal yang mungkin spesial dari Gence adalah kadang-kadang kita mengernyitkan dahi ketika membacanya, terutama saat menemukan istilah atau vocabulary yang sebelumnya belum kita ketahui.

Kalau dianalogikan dengan latte, maka itulah bagian espresso-nya. Pahit.

Namun karena kita terus membaca dan memiliki rasa ingin tahu yang besar, susu yang telah di-steam "mengguyur" espresso tersebut. Rasa pun berubah dan lebih berwarna.

Lalu setelah selesai membaca Gence, kita "merasakan" foam susu dari latte masih melekat dalam pikiran kita yang kemudian...

membuat kita memikirkan arti sesungguhnya dari spesies bernama manusia.

###

Judul Buku: 
Gence: Membedah Anatomi Peradaban Digital

Penulis: 
Tauhid Nur Azhar, Bambang Iman Santoso, Arwin Datumaya WS, Adang Suwandi Ahmad, Suhono Harso Supangkat, Supra Wimbarti, Shelly Iskandar, Elvine Gunawan, FX Wikan Indrarto, Budi Syihabuddin, NGX, Andhita Nurul Khasanah, Insan Firdaus, Dani Sumarsono, Dody Qori Utama, Ian Agustiawan, Alila Pramiyanti, Ina Kurniati, Santi Indra Astuti, Nugraha P. Utama, Duddy Fachrudin, N. Nurlaela Arief, Diana Hasansulama

Penerbit:
Tasdiqiya Publisher

Sumber gambar:
https://deskgram.org/explore/tags/PeradabanDigital
Share:

0 komentar:

Posting Komentar