Selasa, 28 Agustus 2018

Event Mindfulness: Metode Mindfulness-Based Strength Practice (MBSP)


Oleh Duddy Fachrudin

Tiga puluh sembilan orang menjadi partisipan sebuah penelitian psikologi. Mereka kemudian dibagi menjadi dalam dua kelompok: 19 orang menjadi kelompok eksperimen, sementara 20 orang bergabung dalam kelompok kontrol.

Kelompok eksperimen diberikan intervensi psikologi, sementara kelompok kontrol tidak.

Partisipan diberikan self-report mengenai well-being, yaitu: Satisfaction With Life Scale, Flourishing Scale, Positive Psychotherapy Inventory, dan Signature Strengths Inventory Scale.

Kuesioner tersebut diberikan kepada dua kelompok penelitian sebelum dan sesudah intervensi psikologi.

Pertanyaan sederhananya adalah apakah ada perbedaan yang signifikan skor well-being antara kelompok eksperimen dan kontrol? (baca hasil dan diskusinya di sini)

Penelitian yang dilakukan Ivtzan, Niemic, dan Briscoe (2016) ini menggunakan Mindfulness-Based Strength Practice (MBSP) sebagai intervensi psikologi yang diberikan kepada kelompok eksperimen selama  8 minggu secara daring.

MBSP sendiri merupakan intervensi yang memadukan antara konsep mindfulness dengan psikologi positif. It's sounds interesting.

Dan metode MBSP dapat dipelajari beberapa hari lagi di sebuah workshop yang merupakan rangkaian dari event Kongres HIMPSI di bulan september.


So, it's time to enjoy the moment, 
cultivating happiness and flourishing, 

keep positive :)

Referensi:
Ivtzan, I., Niemiec, R. M., & Briscoe, C. (2016). A study investigating the effects of Mindfulness-Based Strengths Practice (MBSP) on wellbeing. International Journal of Wellbeing, 6(2), 1-13. doi:10.5502/ijw.v6i2.557

Sumber gambar:
http://picbear.online/himpsipusat

Share:

0 komentar:

Posting Komentar