Senin, 14 Oktober 2019

Nan Nappeun Saram Anya...


Oleh Nita R. Fitriantini

Lagi-lagi kasus bunuh diri pada salah satu ikon visual terbaik di industri hiburan Korea. Yang dipuja puji kecantikannya, tapi entah kenapa banyak juga yang menghujaninya dengan ujaran kebencian selama bertahun-tahun.

"Nan nappeun saram anya..." ujarnya suatu ketika, yang berarti "Saya bukan orang jahat".

Pada awalnya sang idol berusaha melawan segala komentar buruk dengan menampilkan sosok yang ceria sekaligus cuek. Tapi kemarin, ia ditemukan tak bernyawa di rumahnya sendiri.

Belakangan kita juga dihebohkan dengan film yang menunjukkan bagaimana transformasi seseorang yang pekerjaannya menghibur tapi justru menjalani kehidupan yang gelap dan berakhir menjadi seorang kriminal.

Bukannya membenarkan kedua perilaku tersebut, tapi ini sekali lagi menjadi peringatan bagi kita, bahwa kita adalah bagian dari sistem masyarakat yang memiliki potensi "memproduksi" berbagai jenis manusia

Ya, selain dari proses yang sangat individual seperti internalisasi nilai agama, ilmu pengetahuan, dan sebagainya, pengaruh dari lingkungan masyarakat juga merupakan faktor yang tidak kalah penting dalam proses pembentukan karakter serta pilihan-pilihan sikap seseorang.

Ini adalah soal bagaimana kita berkasih sayang kepada sesama manusia. Soal menaati anjuran Nabi, "Berkata baik atau diam", soal menaati perintah Allah, "Berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu..." (QS. Al-Qasas : 77).

Membentuk masyarakat yang berkasih sayang, yang saling menjaga lisan dan perbuatan agar tidak menyakiti orang lain adalah bagian dari tugas kita sebagai manusia di muka bumi. 

Karena dengan berkasih sayang kita akan membantu banyak orang untuk bangkit dari keterpurukannya, termasuk mencegah seseorang dari keinginan mengakhiri hidupnya.

Tidak perlu menyalahkan iman orang lain yang lemah dan begitu mudah diterpa keterpurukan secara mental. Kita lah yang bertugas menjalankan tugas sebagai orang yang beriman, yang taat kepada Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah untuk menjadi insan yang berkasih sayang.

Sumber gambar:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar